Deskripsi Pemahaman Siswa terhadap Kedisiplinan sebagai Penanaman Nilai-Nilai Kristen

Imanuel Nuban, Reni Triposa, Yonatan Alex Arifianto

Abstract


Kedisiplinan dalam konteks pendidikan pada hakikatnya merupakan bagian dari pendidikan karena kedisiplinan merupakan suatu proses yang dibiasakan dan di terapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti norma-norma, sikap, serta aturan yang dianggap menjadi tolak ukur dalam sekolah. Disiplin adalah bukan untuk membebani siswa agar peserta didik terbebani, tetapi setiap siswa punya disiplin dalam hidupnya, bahkan setiap kelompok dalam belajar mengajar akan ada disiplin karakter untuk menaati aturan-aturan yang ada, jika siswa dapat memahami arti disiplin maka siswa akan senang dan mau menataati setiap peraturan-peraturan yang ada. Mengunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literature maka dapat disimpulkan  bahwa penanaman nilai kristen bertitik tolak pada peran  guru dalam menanamkan disiplin belajar  dalam proses pembelajaran yang konduksif  di sekolah, sebab guru adalah salah satu diantara faktor pendidikan yang memiliki peranan paling strategis. Peran guru dalam pembentukan disiplin belajar peserta didik, sebagai pembimbing yang menuntun peserta didik dengan memberikan dukungan dan arahan, peran guru sebagai contoh teladan disiplin yang dapat siswa menjadikan idola peserta didik, dan mengembangkan ilmu bagi kemajuan belajar siswa.


Keywords


Pemahaman, Disiplin, Nilai Kristen, Pendidikan Kristen

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman Misno Bambang Prawirno. Pesona Budaya Sunda Etimologi Kampung Naga,. Yogkyakarta, April, 2019.

Ahmad Susanto. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Konsep Teori Dan Aplikasinya,. Jakarta Juni, 2018.

Ansori, Yoyo Zakaria. “Menumbuhkan Karakter Hormat Dan Tanggung Jawab Pada Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio 7, no. 3 (2021): 599–605.

Ari Herawati. Pendidikan Karakter Krsten, Sekolah Teologi Kristen,. Jakarta, 2019.

Ariananda, Eka S, Syamsuri Hasan, and Maman Rakhman. “Pengaruh Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Pendingin.” Journal of Mechanical Engineering Education 1, no. 2 (2014): 233–238.

Arisana, Arga Lacopa, and Ismani Ismani. “Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Persepsi Siswa Tentang Kualitas Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MAN Yogyakarta II Tahun Ajaran 2011/2012.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 10, no. 2 (2012).

Atnawi, Atnawi. “Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Tingkat Prestasi Belajar Siswa Di Sdn Murtajih Pamekasan.” Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman 6, no. 2 (2019): 1–10.

Bambang Sugiharto. Humanisme Dan Humaniora Relevasinya Bagi Pendidikan. Yogyakarta, 2008.

Dammy Murwaniarti. Http://Pustaka-Indo.Blogspot.Com, 2016.

Dedi. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Menyadarkan Peserta Didik Tentang Pentingnya Menghargai Hidup.” FIDEI 1, no. 2 (2018).

Fitriani, Sinta. “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia Siswa Sekolah Dasar.” ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 3, no. 2 (2019): 229–238.

Florida, Nelino, César López, and Vicente Pocomucha. “CORE View Metadata, Citation and Similar Papers at Core.Ac.Uk” 2, no. 2 (2012): 35–43.

Haryuni, Siti. “Penerapan Bimbingan Konseling Pendidikan Dalam Membentuk Kedisiplinan Layanan Bimbingan Pengembangan Diri.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8, no. 2 (2013): 389–416.

Herlina, Vemi, Yusrizal Wahab Lubis, and others. “HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 4 BAYANG.” Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami 6, no. 2 (2020): 120–127.

Indra Jaya. Komitmen Mmembangun Pendidikan (Tinjauaan Krisis Hinga Perrbaikan Menurut Teori),. Medan, Maret, 2021.

Ishaq. Metode Penelitian Hukum Dan Penulisan Skripsi, Tesis, Serta Disertasi. ALFABETA, Cv, 2017.

Kemendiknas. “Pelaksanaan Pendidikan Karakter.” Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter 66, no. November (2011): 37–39.

Sasauw, Meiland Fera. “Pendidikan Agama Kristen Bermanfaat Untuk Membina Karakter.” Jurnal Pentacostal Menorah PENDAHULUAN 1, no. 1 (2020): 1–16.

Solihuddin, Muhammad. “Dampak Kebijakan Sekolah Tentang Poin Pelanggaran Tata Tertib Siswa Dalam Membentuk Perilaku Siswa Yang Berkarakter.” Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan 1, no. 2010 (2013): 62–70.

Suyadi, Wina Calista, and Deska Puspita. “Perkembangan Fisik-Motorik Siswa Usia Dasar: Masalah Dan Perkembangannya.” Jurnal Ilmiah PGMI 4, no. 2 (2018): 170–182.

Telaumbanua, Arozatulo. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 2 (2018): 219–231.

Wisnu Aditya Kurniwan. Budaya Tertib Siswa DI Sekolah (Penguatan Pendidikan Karakter Siswa). Jl. Bojong Genteng No. 18, Jawa Barat September, 2018.

Yang, Ferry. “Kerajaan Allah: Sebuah Tinjauan Eksegesis.” Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan 15, no. 1 (2014): 35–60.

Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat (2020).

А.М. Мамонтов, Е.О. Роговской. “Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2019): 1689–1699.




DOI: https://doi.org/10.38189/jan.v2i2.221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Angelion is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.sttberitahidup.ac.id/index.php/jan 
E-mail: jurnalangelion@gmail.com

Angelion terindeks pada:

          

Keanggotaan dalam asosiasi

 

Laman terkait:

            

Angelion Stats