Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen yang Memiliki Karakter Kristus terhadap Peserta Didik di Sekolah
Abstract
Guru Pendidikan Agama Kristen bertugas tidak melulu hanya melakukan transfer pengetahuan, namun juga harus dapat menjadi sarana berkat, membimbing siswa untuk melakukan apa yang dipelajari berhubungan dengan iman Kristen. Banyak sekali peristiwa dimana seorang pendidik yang mengajar namun tidak ditanggapi, mengajar namun dilupakan, dan dirasakan kehadirannya namun tidak diikuti. Setiap guru Pendidikan Agama Kristen pasti mengharapkan agar siswa yang mereka ajar dapat meneladani hidupnya, mengalami transformasi hidup, menemukan inspirasi dalam hidup, dan tentu menjadi pribadi yang lebih positif dari sebelumnya. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk menemukan karakteristik dari guru Pendidikan Agama Kristen yang memiliki karakter Kristus yang diimplementasikan dalam memberikan teladan kepada peserta didik. Metode yang digunakan adalah kajian terhadap sumber-sumber pustaka dan melakukan sebuah pemaparan dalam sebuah kerangka topik terkait. Hasil penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Kristen yang berkarakter Kristus adalah guru yang sudah lahir baru, yang sungguh-sunguh mengasihi dan memahami peserta didkinya dengan baik, menerima keberadaan peserta didik, serta rela menderita dan berkorban.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Clark, Deeis E. Kehidupan dan Ajaran Yesus Sang Mesias. Surabaya: Yakin, 1977.
Hwang, Thomas. Kristologi. Korea, AMI Publication, 2012.
Heath, Stanley. Teologi Pendidikan: Dasar Pelayanan kepada Anak. Bandung: Kalam Hidup, 2009.
Danim, Sudarwan. Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Kencana 2011.
Denney, A. S., & Tewksbury, R. “How to Write a Literature Review.” Journal of Criminal Justice Education 24, no. 2 (2013): 218-234.
Mu’in, Fatchul. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Moore, T.M. Disciplines of Grace. Malang: Literatur SAAT, 2004.
Sidjabat, B.S. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Kalam Hidup, 2009.
Setiawan, Mery dan Stephen Tong. Seni Karakter Kristen. Surabaya: Momentum, 2011.
Utomo, Bimo Setyo. “(R)Evolusi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mentransformasi Kehidupan Siswa.” DUNAMIS: Jurnal Penelitian Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 2 (2017): 102–116. https://doi.org/10.30648/dun.v1i2.111.
Utomo, Bimo Setyo, and Eddy Tjondro. "Ulangan 31: 9-13 Sebagai Landasan Strategi Guru Sekolah Minggu Dalam Mengajarkan" Takut akan Tuhan"." SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 2, no. 1 (2021): 34-48. https://doi.org/10.52220/sikip.v2i1.64.
Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.
DOI: https://doi.org/10.38189/jan.v3i1.305
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Angelion is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.sttberitahidup.ac.id/index.php/jan
E-mail: jurnalangelion@gmail.com
Angelion terindeks pada:
Keanggotaan dalam asosiasi
Laman terkait:
Angelion Stats