Model Pembelajaran Berintegritas: Praksis Model Pembelajaran Yesus dalam Alkitab Bagi Para Pendidik Kristen

Jaka Maryanto

Abstract


Pada saat ini para pendidik Kristen perlu untuk fokus pada tugas dan fungsinya sebagai pendidik untuk menghasilkan peserta didik yang berkualitas dan perlu menyadari bahwa mengajar merupakan pelayanan atau perintah Ilahi yang perlu dilakukan dengan penuh rasa integritas tinggi. Keteladanan Yesus sebagai sosok Guru Agung harus menjadi dasar motivasi bagi semua pendidik Kristen untuk menjadi pendidik yang berintegritas sehingga mampu membawa peserta didik untuk bertumbuh dalam pengenalan akan Kristus. Metode penelitian yang dipakai dalam penulisan ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur, di mana integritas Yesus sebagai pengajar tampak dalam beberapa hal, yakni: bertanggungjawab, tulus, jujur dan penuh kasih serta setia.


Keywords


Model Pembelajaran Yesus; Integritas; Alkitab; Pendidik Kristen

Full Text:

PDF

References


Adiatma, Daniel Lindung. “Ciri Khas Pengajaran Yesus dengan Metode Perumpamaan Berdasarkan Catatan Injil Sinoptik: HUPERETES: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, Vol. 3, Nomor 2 Edisi Juli (2022)

Albiden, Hutagaol. Bisakah Memimipin Seperti Yesus. Malang: Gandum Mas, 2010.

Anderson, Clifford V. Christian Education in Historical Perspekctive in Introduction to Biblical Education. Chicago: Moody Press, 1981.

Arifianto, Yonatan Alex, Hardi Budiyana, and Paulus Purwoto. “Model Dan Metode Pembelajaran Yesus Berdasarkan Injil Sinoptik Dan Implementasinya Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen,” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021)

Black, Ellen Lowrie Black. Foundation of Christian School Education. Lynchburg, VA: Liberty University Press, 2003.

Brill, J. Wesley. Dasar Yang Teguh. Bandung: Kalam Hidup, tt.

Budiman, R. Surat-surat Pastoral. Jakarta: Gunung Mulia, 1989.

Budiyana, Hardi. “Model Pembelajaran Yesus Berdasarkan Alkitab,” EDULEAD: ELEOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, Vol. 1, Nomor 1 Edisi Juli (2021)

Darmawan, I Putu Ayub. “Pendidikan Kisten Di Era Postmodern,” Artikel STT Simpsom, Ungaran (2014)

Ermindyawati, Lilis. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Perilaku Siswa-Siswi Di SD Negeri 01 Ujung Watu Jepara.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 2(1) 2019.

Hamambira, Domianus Lodu, “Meletakkan Kedudukan PAK Secara Tepat dan Tepat Sasaran Seperti Ajaran Yesus,” Integritas Jurnal Teologi Vol. 1, Nomor 1: (2019)

Hariyanto GP. Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab dan Dunia Pendidikan Masa Kini Yogyakarta: Andi, 2012

Lebar, Lois E. Education That’s Christoan: Proses Belajar Mengajar Kristiani dan Kurikulum Yang Alkitabiah. Malang, Gandum Mas, 2006.

Leroy Ford, Kenalilah Murid Anda (Semarang: Lembaga Literatur Baptis, 2000)

Mau, Marthen. “Pentingnya Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik,” SIKIP Jurnal Pendidikan Kristen, Vol. 1, Nomor 2: Edisi Agustus (2020)

Panggabean, Justice Zeni Zari. “Pendekatan Praksis-Teologis dalam Fondasi Pendidikan Kristiani”, Kurios, Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, Vol. 4, Nomor 2: Edisi Oktober (2020)

Pantan, Frans. Kompilasi Bahan Ajar Christian Leadership. Jakarta: ITKI, 2007.

Prakosa, Pribadyo. “Moderasi Beragama: Praksis Kerukunan Antar Umat Beragama”,Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), Vol. 4, Nomor 1: Edisi Juni (2022)

Siahaan, Harls Evan Rianto. "Hikmat Sebagai Implikasi Pendidikan Kristiani: Refleksi 1 Raja-raja 3: 1-15," DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (2016)

Staton, Thomas F. Cara Mengajar dengan Hasil yang Baik. Bandung: Penerbit C.V. Diponegoro, 1978.

Suharta, “Pentingnya Integritas Pelayan Kristus Menurut Titus 1: 6-9 Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Gerejawi” Scriptura Jurnal Teologi dan Pelyanan Kopntekstual, Vol. 3, Nomor 1: (2018)

Sukarna, “Integritas Seorang Pendidik,” Jurnal Teologi Gracia Deo, Vol. 1, Nomor 1 Edisi Juni (2018)

Sukarna, Diktat Visi dan Perencanaan. STT Kadesi Bogor 2016.

Sunarko, Andreas Sese. “Implikasi Keteladanan Yesus sebagai Pengajar bagi Pendidikan Kristen yang Efektif di Masa Kini: Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, Vol. 5, Nomor 2: Edisi September (2020)

Sutanto, Hasan. Hermeutik: Prinsip dan Metode Penafsiran Alkitab. Malang, Literatur SAAT, 2007

Tafonao, Talizaro. "Yesus Sebagai Guru Teladan dalam Masyarakat Berdasarkan Perspektif Injil Matius," Khazanah Theologia 2, no. 1 (2020): 52-60, https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/kt/article/view/8390/4063.

Tampenawas, Alfons Renaldo, Erna Ngala dan Maria Taliwuna, “Teladan Tuhan Yesus Menurut Injil Matius dan Implementasinya Bagi Guru Kristen Masa Kini,” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, no. 1 edisi 2 (2020):

Telaumbanua, Arozatulo. 2018. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika

Yeniretnowati, Tri Astuti dan Yakub Hendrawan Perangin Angin, “Implikasi Dari Kepemimpinan Yang Berintegritas Bagi Pendidikan Pemimpin Kristen.” Veritas Lux Mea Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, Vol. 4, Nomor 2 (2022)




DOI: https://doi.org/10.38189/jan.v4i1.412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Angelion is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.sttberitahidup.ac.id/index.php/jan 
E-mail: jurnalangelion@gmail.com

Angelion terindeks pada:

             

Keanggotaan dalam asosiasi

     

Laman terkait:

            

Angelion Stats