Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19

Gloria Lie, Reni Triposa

Abstract


Corona virus or Covid 19, first appeared in Wuhan, China. And Indonesia is one of the countries affected by the Corona virus. The emergence of Covid-19 and its rapid spread, made Indonesian educational institutions take action, to carry out the learning process from home. This refers to all levels of education from early childhood education to tertiary education. This makes students and educators inevitably have to change the learning method from face-to-face to online. From the educator or teacher side, they must rack their brains to maximize their role to continue teaching professionally. Teachers must further enhance their role in increasing students' learning interest during this increasingly prolonged online learning period. The Christian Religious Education teacher specifically has to practice and model its roles as taught by the Great Teacher of the Lord Jesus. Using the literature study approach in descriptive qualitative methods can describe the purpose of the research paper, namely to determine the role of Christian Religious Education teachers in increasing student interest in learning during the Covid-19 pandemic. The method used is literature study research with descriptive analysis method and descriptive qualitative approach. From this research it can be concluded that the role of teachers as educators, teachers, learners, trainers, facilitators, motivators, leaders, communicators, socialization agents, mentors, gospel preachers and also as conveyors of the truth should be increased as much as possible to increase student interest in learning during the pandemic and online teaching and learning process.

Corona virus atau Covid 19, pertama kali muncul di Wuhan, China. Dan Indonesia merupakan salah satu negara yang terdampak virus Corona. Kemunculan Covid-19 dan penyebarannya yang begitu cepat, membuat lembaga pendidikan Indonesia mengambil tindakan, untuk melakukan proses pembelajaran dari rumah. Hal ini merujuk untuk semua tingkatan pendidikan mulai dari pendidikan usai dini hingga perguruan tinggi. Hal ini membuat siswa dan tenaga pendidik mau tidak mau harus mengubah metode pembelajaran yang semula tatap muka menjadi daring. Dari pihak pendidik atau guru, mereka harus memutar otak untuk memaksimalkan peran mereka untuk tetap mengajar dengan profesional. Guru harus lebih meningkatkan perannya dalam meningkatkan minat belaja siswa selama masa pembelajaran daring yang makin berkepanjangan ini. Guru Pendidikan Agama Kristen secara spesifik harus mempraktekkan dan mencontohkan peran-perannya seperti yang diajarkan oleh Guru Agung Tuhan Yesus. Dengan menggunakan pendekatan studi Pustaka dalam metode kualitatif deskritif dapat mendeskripsikan tujuan penelitian paper, yaitu  untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Kristen dalam meningkatan minat belajar siswa pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah penelitian studi pustaka dengan metode diskriptif analisi dan pendekatan kualitatif deskriptif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran guru sebagai pendidik, pengajar, pembelajar, pelatih, fasilitator, motivator, pemimpin, komunikator, agen sosialisasi, pembimbing, pembeita injil dan juga sebagai penyampai kebenaran harus ditingkatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan minat belajar siswa selama masa pandemi dan proses belajar mengajar daring.


Keywords


Guru Pendidikan Agama Kristen, Virus Korona, Minat belajar, Pandemi

Full Text:

PDF

References


Agiesta, Fellyanda Suci. “Cerita Lengkap Asal Mula Munculnya Virus Corona di Wuhan.” Merdeka.Com, 2020.

Agung, Ivan Muhammad. “Memahami Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Psikologi Sosial.” Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi 1, no. 2 (2020): 68–84.

Ali Imron. Belajar Dan Pembelajaran. 1 ed. Jakarta: Pustaka Jaya, 1996.

Arifa, Fieka Nurul. “Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19.” Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis (2020).

Arifianto, Yonatan Alex. “Makna Sosio-Teologis Melayani Menurut Roma 12:7.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 2, no. 2 (2020): 184–197.

Arifianto, Yonatan Alex, dan Joseph Christ Santo. “Tinjauan Trilogi Kerukunan Umat Beragama Berdasarkan Perspektif Iman Kristen.” Angelion: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2020): 1–14.

Arifianto, Yonatan Alex, dan Asih Rachmani Endang Sumiwi. “Peran Roh Kudus Dalam Menuntun Orang Percaya Kepada Seluruh Kebenaran Berdasarkan Yohanes 16: 13.” DIEGESIS: Jurnal Teologi Kharismatika 3, no. 1 (2020): 1–12.

Boehlke, Robert. R. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.

Budiyana, Hardi. “Roh Kudus Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kristen Mewujudkan Pengajaran Kristen Yang Mengandung Nilai Kekal.” Jurnal Teologi Berita Hidup 1, no. 1 (2018).

Burk Parsons. John Kelvin: Sebuah Hati Untuk Ketaatan. Jakarta: Momentum, 2014.

Darmadi, Hamid. “Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional.” Pendidikan 13 (2015): 163–164.

Douglas, J. D. Ensiklopedia Alkitab Masa Kini. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 1997.

Edy Syahputra. Snowball Throwing Tingkatkan Minat Dan Hasil Belajar. 1 ed. Sukabumi: Haura Publishing, 2020.

Effendi, Usman, dan Juhaya S. Praja. Pengantar Psikologi. 1 ed. Bandung: Angkasa, 1984.

Irwanto, Nur, dan Yusuf Suryana. Kompetensi Pedagogik: Untuk Peningkatan Dan Penilaian Kinerja Guru Dalam Rangka Implementasi Nasional. Surabaya: Genta Grup Production, 2016.

Juhji. “Peran urgen guru dalam pendidikan.” Studia Didaktika (2016).

Kemendikbud. “Penyesuaian Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19.” Kemendikbud.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. “Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Coronavirus Disease (COVID-19).” Direkorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (2020).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. “Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 35952/MPK.A/HK/2020.” Mendikbud RI (2020).

Motors, General, dan Western Europe. “UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.” Zitteliana (2003).

Muhibbin Syah. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. 22 ed. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Mujtahid. Pengembangan Profesi Guru. Ke-2. Malang: UIN-Maliki Press Malang, 2011.

Nainggolan, John M. Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Kristiani. Bandung: Bina Nedia Informasi, 2011.

Nuhamara, Daniel. Pembimbing Pendidikan Agama Kristen. Bandung: Jurnal Info Media, 2009.

Paparang, Stanley R. Kamus Multiterminologi. Tangerang: Delima, 2014.

Purwoto, Paulus, Hardi Budiyana, dan Yonatan Alex Arifianto. “Landasan Teologis Pendidikan Kristen dalam Perjanjian Baru dan Relevansinya bagi Pendidikan Kristen Masa Kini.” DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2020): 34–48.

Robert W. Pazmino. Fondational Issues In Christian Education. 1 ed. Jakarta: Sekolah Tinggi Teologi Bandung dan PT BPK Gunung Mulia, 2012.

Santo, Joseph Christ. “Konsep Menjadikan Murid Berdasarkan Matius 28:19-20.” Jurnal Teologi El-Shadday 3, no. 2 (2016): 7–33.

———. “Makna Ragi Dalam Ajaran Tuhan Yesus tentang Kewaspadaan.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 1 (Juni 23, 2018): 68–91. http://www.stt-tawangmangu.ac.id/e-journal/index.php/fidei/article/view/4.

Sidjabat, B.S. Mengajar secara Profesional. Bandung: kalam hidup, 2017.

Sieloff, Magnan Sally, dan John W. Creswell. ““Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches".” The Modern Language Journal 81, no. 2 (2006): 256.

Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2015.

Soeliasih, Soeliasih. “Penerapan Prinsip Pemuridan Elia Dalam Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Teologi Berita Hidup 2, no. 1 (2019): 1–10.

Sujarwo, M.Pd. “Peranan Guru dalam Pemberdayaan Siswa.” Universitas Negeri Yogyakarta (2010).

Suparlan. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat, 2005.

Sutisna Oteng. Administrasi Pendidikan; Dasar Teoritis Untuk Praktek Profesional. Bandung: Angkasa, 1989.

Umrati, dan Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.

Yulianingsih, Dwiati, dan Stefanus Marbun Lumban Gaol. “Keterampilan Guru PAK Untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika (2019).




DOI: https://doi.org/10.38189/jan.v2i1.89

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Angelion is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.sttberitahidup.ac.id/index.php/jan 
E-mail: jurnalangelion@gmail.com

Angelion terindeks pada:

          

Keanggotaan dalam asosiasi

 

Laman terkait:

            

Angelion Stats