Transformasi Sosial Remaja Akibat Adiksi Gadget
DOI:
https://doi.org/10.38189/jan.v6i1.926Abstract
Fenomena adiksi gadget di kalangan remaja telah menjadi isu sosial yang krusial dalam dekade terakhir. Artikel ini dimaksudkan membahas transformasi sosial yang terjadi pada remaja akibat penggunaan gadget secara berlebihan, khususnya dampaknya terhadap pola interaksi sosial, perkembangan emosional, dan dinamika keluarga. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi kepustakaan dan observasi lapangan terbatas, penelitian ini menemukan kesimpulan bahwa adiksi gadget menyebabkan pergeseran nilai dalam hubungan sosial remaja. Interaksi tatap muka cenderung menurun, digantikan oleh komunikasi digital yang bersifat instan namun dangkal. Selain itu, ketergantungan terhadap konten digital menyebabkan berkurangnya kemampuan empati, meningkatnya isolasi sosial, serta perubahan pola tidur dan konsentrasi belajar. Diharapkan hasil temuan ini bagaimana secara khusus keluarga dan institusi pendidikan pada umumnya melakukan intervensi preventif seperti literasi digital, dan penguatan komunikasi interpersonal pada remaja.
References
Amalia, FR. dan Y.S.A Hamid, “Adiksi Smartphone, Kesehatan Mental Anak dan Peranan Pola Asuh,” Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, vol. 3, no. 2 (2020); 221-240
Arifianto, Yonatan Alex, Sari Saptorini, and Kalis Stevanus. “Pentingnya Peran Media Sosial Dalam Pelaksanaan Misi Di Masa Pandemi Covid-19.” Harvester: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan Kristen 5, no. 2 (2020): 86–104. http://e-journal.sttharvestsemarang.ac.id/index.php/harvester/article/view/39.
Gabriela, Jenny dan Belinda Mau, “Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Perilaku Anak Remaja Masa Kini,” Jurnal Excelsis Deo, Vol. 5, No. 1 (2021), 99-110
Handayani, R. dan Eka P. A. Surya, “Transformasi Sosial di Era Digital: Pengaruh Teman Sebaya dan Media Sosial terhadap Perilaku Remaja,” JEBS: Jurnal Ekonomika dan Bisnis, Volume 4, Nomor 5 (September-Oktober, 2024); 1373-1377
Herlina, S Dyna, dkk, Digital Parenting: Mendidik Anak di Era Digital (Yogyakarta: Samudera Biru, 2018), 7-10
Husna, Puji A. Pengaruh Penggunaan Media Gadget pada Perkembangan Karakter Anak 324. Yosi Mairianti, “Perilaku Sosial Remaja akibat Adiksi Gadget,” Skripsi: Prodi Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh, (2022), 35-38
KA, M. Irsad Maulana. “Pengaruh Intensitas Penggunaan Gadget Terhadap Capaian Akademik: Studi Kasus Pada Peserta Didik MAN 1 OKU Timur.” Authorea Preprints, Authorea, 2025. https://www.authorea.com/doi/full/10.22541/au.175251205.52703641.
Krisnaningrum, I., Masrukhi dan Hamdan T. Atmaja, “Perilaku Sosial Remaha Era Globalisasi di SMK Muhammadiyah Kramat, Tegal,” JESS: Journal of Educational Social Studies, Vol. 6 No. 3 (2017): 92-98
Lin Y.H, et al, “Time Distortion Associated with Smartphone Addictioan: Identifying Smartphone Addiction via a Mobile Application,” Journal of Psychiatric Research, 2016; 1-7
Lumintang, S. I. dan Danik A. Lumintang, Theologia Penelitian dan Penelitian Theologis: Science-Ascience serta Metodologinya (Jakarta: Geneva Insani Indonesia, 2016), 114 bnd Krippendorff, K, “Reliability in Content Analysis: Some Common Misconception and Recommendations,” in Human Communication Research (2004); 411-433;
Mairianti, Y. “Perilaku Sosial Remaja akibat Adiksi Gadget,” SKRIPSI: Prodi Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Univ. Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh, (2022), 1-6
Maulana KA, M. Irsad “Pengaruh Intensitas Penggunaan Gadget Terhadap Capaian Akademik: Studi Kasus Pada Peserta Didik MAN 1 OKU Timur,” Authorea Preprints, Authorea, 2025, https://www.authorea.com/doi/full/10.22541/au.175251205.52703641.
Nelson, Chad and Robert H. Woods Jr, “Content Analysis,” in The Routledge Handbook of Research Methods in the Study of Religion, ed. Steven Engler and Michael Stausberg. (London, New York: Routledge, 2013) 109–110
Nurmalasari, “Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Tingkat Prestasi That are Easy to Carry Anywhere for,” Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, vol. 3 nomor 2 (2018); 111-118
Ogburn, A Handbook of Sociology (London, 2002), 86 bnd Fadli E. Zamani, “Peran Pendidikan William F. Teknologi dalam Proses Transformasi Sosial,” Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, Volume 20, No. 1 (2022); 84-94
Papalia, Olds dan Feldman, Human Development (Jakarta: 2011) bnd R. Handayani dan Eka P. A. Surya, “Transformasi Sosial di Era Digital: Pengaruh Teman Sebaya dan Media Sosial terhadap Perilaku Remaja,” JEBS: Jurnal Ekonomika dan Bisnis, Volume. 4, No. 5 (September-Oktober, 2024); 1373-1377
Renylda, R. dan L. Sativa Yan, “Upaya Meningkatkan Pengetahuan Remaja dalam Mengatasi Adiksi Gadget,” ADMA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, Volume 3 No. 2, (2023); 221-230
Rini, K.M dan T. Huriah, “Prevalensi dan Dampak Kecanduan Gadget pada Remaja” Jurnal Keperawaran Muhammadiyah, vol. 5, no. 1 (2002); 185-194
Rozalia, “Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” hal. 725-726 Y. Mairianti, “Perilaku Sosial Remaja akibat Adiksi Gadget,” Skripsi: Prodi Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh, (2022), 35-38
Santrock, J. Adolescence: Perkembangan Remaja (Jakarta: Erlangga, 2003)
Septiarti et al, Sosiologi dan Antropologi Pendidikan (Yogyakarta, 2017), 158-159
Setiawati, Nanda Ayu. “Pendidikan Karakter sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa,” Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, Volume 1, nomor 1 (2017); 349
Stevanus, Kalis. “Tujuh Kebajikan Utama Untuk Membangun Karakter Kristiani Anak.” BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual 1, no. 1 (2018): 79–95. http://www.jurnalbia.com/index.php/bia/article/view/21.
Stevanus, Kalis, and Vivilia Vivone Vriska Macarau. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Remaja Di Era 4.0.” Jurnal Dinamika Pendidikan 14, no. 2 (September 2021): 2. https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.56.
Suryani, U. dan V. Yazia, “Hubungan Kecanduan Gadget dengan Gangguan Emosi pada Remaja,” Jurnal Keperawatan: Vol. 15 No. 2, (Juni 2023), 517-524
Susilowati E. dan Nur A. Pratama, “Perubahan Perilaku Sosial Remaja dalam Menggunakan Media Sosial di Desa Cemantan Kecamatan Bahaur,” JSP: Jurnal Sosiopolitico, Vol. 5 No. 2 (Agustus, 2023); 113-120
Suyanto, Tantangan Profesionalisme Guru di Era Global, Pidato Dies Natalis ke-43, Universitas Negeri Yogyakarta, Mei 2007 bnd Fadli Emsa Zamani, “Peran Pendidikan Teknologi dalam Proses Transformasi Sosial,” Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, Volume 20, Nomor 1 (2022); 84-94
Tamba, Sariani D. et al, “Perubahan Sosial Remaja akibat Penggunaan Media Sosial di Desa Sitinjo Kecamatan Sitinjo Kabupaten Dairi,” Gardu: Jurnal Sosiologi Agama, Vol. 1, No. 1 (Juni-Desember, 2023); 6-10 bnd Dalillah, “Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial di SMA Darussalam Ciputat,” Skripsi: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jakarta, (2019); 10-11
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Angelion: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Angelion is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.sttberitahidup.ac.id/index.php/jan
E-mail: jurnalangelion@gmail.com