Relasi Guru-Siswa: Pendekatan Christ Centered sebagai Solusi dalam Perubahan Perilaku Belajar di Masa Pandemi Covid-19

Johanes Waldes Hasugian

Abstract


This study aims to describe the relationship built by teachers with students who are centered on Christ so that it can be a solution in changing student learning behavior. By using a descriptive method and a qualitative approach, it was found that the solution for PAK learning during a pandemic is to build a harmonious and good relationship between teachers and students, in which there is openness and a restoration of teacher-student relationships, and in the end there is a change in behavior in learning. student. In the conditions of the covid-19 pandemic, the example in building true relationships is to see the relationship between Christ and his church, in this case the PAK teacher. So that PAK teachers can view students as God views and treat PAK teachers in faithful love.

Keywords: Christ centered; teacher-student; learning behaviour; covid-19 pandemic

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan relasi yang dibangun oleh guru dengan siswa yang berpusat pada Kristus sehingga dapat sebagai  solusi dalam perubahan perilaku belajar siswa. Dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif, ditemukan bahwa solusi pembelajaran PAK di masa pandemi adalah dengan membangun relasi yang harmonis dan baik antara guru dan siswa, yang di dalamnya ada keterbukaan dan terjadi pemulihan hubungan guru-siswa, dan pada akhirnya ada perubahan perilaku dalam belajar siswa. Dalam kondisi pandemi covid-19, teladan dalam membangun relasi yang sejati adalah melihat hubungan antara Kristus dan gerejanya, dalam hal ini guru PAK. Sehingga guru PAK dapat memandang siswa sebagaimana Allah memandang dan memperlakukan guru PAK dalam kasih setia.

Keywords


Christ centered; guru-siswa; perilaku belajar; pandemi covid-19

References


Ambarita, Jenri. “Multimedia Interaktif Berbasis Karakter Di Masa Pandemi Covid 19.” Prosiding Snitt Poltekba 4 (2020): 370–380.

Darmawan, I Putu Ayub, Patri Alinda Nalle, Magdalena Magdalena, Marderina Marderina, and Yustina Julita. “Upaya Sekolah Dan Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 5, no. 2 (2021): 175–185.

Darmawan, I Putu Ayub, and Edy Sujoko. “Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom.” Satya Widya 29, no. 1 (2013): 30–39.

Halim, Verawati, and Jadi Sampurna Lima. “KONTRIBUSI GERRIT CORNELIS BERKOUWER TERHADAP PEMBAHASAN KEBEBASAN MANUSIA.” VERBUM CHRISTI: JURNAL TEOLOGI REFORMED INJILI 6, no. 1 (2019): 27–44.

Hasugian, Syalam Hendky, and Johanes Waldes Hasugian. “Spiritualitas Pendidik Kristen Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Regula Fidei 6, no. 1 (2021): 24–31. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/70.

Homrighausen, E.G., and I.H. Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012.

Hutapea, Rinto Hasiholan. “Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Di Masa Covid-19.” Didaché: Journal of Christian Education 1, no. 1 (2020): 1–12. journal.sttsimpson.ac.id/index.php/DJCE.

Lie, Gloria, and Reni Triposa. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19.” Angelion: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2021): 110–128.

Manuputy, Prilly, and Novia Lakoruhut. “Problematika Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” DIDAXEI 1, no. 2 (2020).

Nadeak, Erni Hanna, and Dylmoon Hidayat. “Karakteristik Pendidikan Yang Menebus Di Suatu Sekolah Kristen [The Characteristics of Redemptive Education in a Christian School].” Polyglot: Jurnal Ilmiah 13, no. 2 (2017): 87–98.

Pantan, Frans, Purim Marbun, and Syanti D Mulia. “Model Pembelajaran Berpusat Pada Kristus Untuk Transformasi Bangsa: Studi Deskriptif Di Sekolah Cahaya Cemerlang.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 2, no. 1 (2021): 26–33.

Rajagukguk, Johannes. “Pemimpin Dan Gereja Bertumbuh.” Diegesis (2018).

Samosir, Christina Metallica, and Fredik Melkias Boiliu. “Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Daring Di Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (2021): 2592–2600.

Saragih, Albet, and Johanes Waldes Hasugian. “Model Asuhan Keluarga Kristen Di Masa Pandemi Covid-19.” Teruna Bhakti 3, no. 1 (2020): 1–11. http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/article/view/56.

Tefbana, Abraham, and A Dan Kia. “Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Disrupsi Dan Pandemi.” Jurnal Luxnos 6 (2020): 254–270.




DOI: https://doi.org/10.38189/jtbh.v4i1.172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
JURNAL TEOLOGI BERITA HIDUP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.sttberitahidup.ac.id/index.php/jbh
E-mail: jurnalberitahidup@gmail.com

JURNAL TEOLOGI BERITA HIDUP telah terindeks pada situs:

          

 Association Membership:

     

Laman terkait

            

 

View Berita Hidup Stats