Korelasi Antara Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik di Kalangan Mahasiswa

Hendrik Tuaputimain

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan efikasi dan prokrastinasi akademik; (2) mengetahui hubungan antara efikasi diri dan prokrastinasi akademik; dan (3) mengukur seberapa besar sumbangsinya terhadap mahasiswa Kota Ambon dalam menyelesaikan tugas akhir. Penelitian ini termasuk penelitian survei dengan tujuan eksplanasi untuk menjelaskan hubungan antar variabel melalui uji hipotesis. Sampel dalam penelitian ini adalah 90 mahasiswa di Kota Ambon. Pengambilan sampel size menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment, tetapi sebelumnya data diuji normalitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai efikasi diri tergolongdalam kategori tinggi dan prokrastinasi akademik mahasiswa termasuk kategori sedang; (2) ada hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dan prokrastinasi akademik, dimana nilai r sebesar 0,461 dan nilai p adalah nol; dan (3) sumbangan efektif yang diberikan variabel efikasi diri dengan prokrastinasi akademik ditunjukkan dengan nilai r sebesar 0,461 atau 46,1%. Hal ini berarti masih terdapat 53,9% faktor lain yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa.

 


Keywords


efikasi diri; prokrastinasi akademik mahasiswa

References


Bandura, A. Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company, 1997.

Burka, J. B, and L. M. Yuen. Procrastination: Why You Do It, What To Do About It. Camridge: Da Capo Press, 2008.

Burka, J. B, and L. M Yuen. Procrastination: Why You Do It, What To Do About It. Camridge: Da Capo Press, n.d.

Burns, L. R, K Dittman, N Nguyen, and J. K Mitchelson. “Academic Procrastination, Perfectionism, and Control: Associations with Vigilant and Avoidant Coping.” Journal of Social Behavior and Personality 5 (2000): 35–46.

Damri, Damri, Engkizar Engkizar, and Fuady Anwar. “Hubungan Self-Efficacy Dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan.” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 3, no. 1 (2017): 74.

Fauziah, Hana Hanifah. “Fakor-Faktor Yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Sunan Gunung Djati Bandung.” Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi 2, no. 2 (2016): 123–132.

Ferrari, J. R, Judith JohnsonL, and G. McCown, William. Procrastination and Task Avoidance, Theory, Research and Treathment. New York: Plenum Press, 1995.

Ghufron, M. N, and Risnawita. R. S. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-ruzz media, 2012.

Hurlock, Elizabeth B. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Gramedia, 1980.

Lastary, D.L, and A Rahayu. “Hubungan Dukungan Sosial Dan Self Efficacy Dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Perantau Yang Berkuliah Di Jakarta. , 2(2), 17-23.” Humaniora 2, no. 2 (2018): 17–23.

Lubis, Indah Sari Liza. “Hubungan Regulasi Diri Dalam Belajar Dan Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa.” Jurnal Diversita 4, no. 2 (2018): 90.

Mortazanajad, Habibeh, Faride mostafafi, and Shahram Vahedi. “Self-Regulation and Dimensions of Parenting Styles Predict Psychological Procrastination of Undergraduate Students.” Iranian Journal of Psychiatry 4, no. 4 (2009): 147–154. http://ijps.tums.ac.ir/index.php/ijps/article/view/518.

Park, Seung Won, and Rayne A. Sperling. “Academic Procrastinators and Their Self-Regulation.” Psychology 03, no. 01 (2012): 12–23.

Schraw, G, T Wadkins, and L Olafson. “Doing the Things We Do: A Grounded Theory of Academic Procrastination.” Journal of Educational Psychology 99, no. 1 (2007): 12–25.

Siaputra, Ide Bagus. “I Love You Tomorrow: Prokrastinasi Akademik Dan Manajemen Waktu Academic Integrity View Project.” Anima, Indonesian Psychological Journal 23, no. 2 (2008): 109–119. https://www.researchgate.net/publication/275715746.

Soane, C, and A Stevenson. Concise Oxford English Dictionary 11th. London: Oxford, 2005.

Solomon, L. J, and E. D Rothblum. “Academic Procrastination: Frequency and Cognitive-Behavioral Correlates.” Journal of Counseling Psychology 31 (1984): 503–509.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2018.

Wolters, C. A. “Understanding Procrastination from a Selfregulated Learning Perspective.” Journal of Educational Psychology 95 (n.d.): 179–187.

Zusya, Annisa Rosni, and Sari Zakiah Akmal. “Hubungan Self Efficacy Akademik Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyelesaikan Skripsi.” Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi 3, no. 2 (2016): 191–200.




DOI: https://doi.org/10.38189/jtbh.v4i1.187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
JURNAL TEOLOGI BERITA HIDUP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.sttberitahidup.ac.id/index.php/jbh
E-mail: jurnalberitahidup@gmail.com

JURNAL TEOLOGI BERITA HIDUP telah terindeks pada situs:

           

 Association Membership:

   

Laman terkait

            

 

View Berita Hidup Stats