Implementasi Kecerdasan Digital (Digital Quotient) Dalam Pelayanan Pendidikan Agama Kristen

Monica Santosa

Abstract


Penulisan ini termotivasi karena kenyataan bahwa di era digital saat ini jemaat Tuhan tidak semua siap untuk menerima perkembangan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi. Banyak orang menggunakan perangkat digital, tetapi tidak semua orang menggunakannya dengan benar. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seharusnya tidak menjadi masalah, tetapi mendukung perluasan Injil untuk diberitakan ke ujung dunia. Karena itu, setiap pengguna perangkat digital, terutama anak Tuhan, harus bijak dalam menggunakannya. Dalam pendidikan, setiap pendidik dan siswa harus memiliki kecerdasan digital yang baik. dalam tulisan ini, kita akan membahas implementasi kecerdasan digital dalam pelayanan pendidikan Kristen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran yaitu kuantitatf dan kualititaf. Adapun alat ukur yang bisa digunakan untuk melihat skor kecerdasan digital yang nantinya dapat digunakan pendidik maupun siswa dalam proses pelayanan pendidikan agama kristen pada era digital.


Keywords


Digital quotient; pelayanan pendidikan kristen

References


Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Ariesto, H. Multimedia Interaktif Dan Flash. Yogyakarta: PT. Graha Imu, 2003.

Bhavnani, Sanjecv P; Narula, Jagat’ Senguta Partho P. “”Mobile Technology and the Digitization of Healthcare”.” European Heart Journal (2016).

Carkhuff, Robert.R. Helping and HumanRrlations. A Primer for Lay and Profesional Helpers. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1969.

Edward M. Glaser. “Defining Critical Thinking.” United State: The International Center for the Assessment of Higher Order Thinking (ICAT, US)/Critical Thinking Community, 2019.

Fischer, E., and Reuber, R. A. “Online Entrepreneurial Communication: Mitigating Uncertainty and Increasing Differentiation.” Journal of Business Venturing (2014).

Goleman, D. Working With Emotional Intelligence. (Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi), 2002.

Karen Mossberger, Caroline J. Tolber and Ramona S. McNeal. Digital Citizenship. London: England: the MIT Press Cambridge, 2008.

Kristen, S M P, and Gpib Balikpapan. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Karakter” VI, no. 2 (2020): 46.

Lenhart, Amanda; Deborah Fallows; John Horrigan. “Content Creation Online.” (Pew Internet and American Life Project), 2004.

Moffat, P. “"Screen Time. How Much Is Healthy For Children?”.” Community Practitioner: The Journal of The Community Practitioners & Health Visitors Association (2014).

Park, Yuhyun. “8 Digital Skills We Must Teach Our Children.” Accessed December 8, 2018. https://www.weforum.org/agenda/2016/06/8-digital-skills-we-must-teach-our-children.

———. “World’s First Global Standard on Digital Literacy, Digital Skills, and Digital Readiness.” DQ Institude. Last modified 2019. Accessed December 8, 2018. https://www.dqinstitute.org/global-standards/#contentblock1.

Prahalad, C.K;Ramaswamy. “Co-Creation Experiences: The Next Practice in Value Creation.” Journal of Interactive Marketing 18 (2004).

Prasolova, Forland.E. Supporting Social Awareness in Education in Collaboration Virtual Environmen. New Orleans, Lousiana NTNU, 2002.

Rhee, M. Y. Internet Security: Cryptographic Principles, Algorithms and Protocols. r: Wiley. Chicheste, 2003.

Rietbergen-McCracken, J. and Narayan, D. Participation and SocialAssessment: Tools and Techniques. The International Bank for Reconstruction and Devel-Opment. Washington DC, 1998.

Sheldon, K.M. The Social Awareness Inventory: Development and Application. Personality and Social Bulletin, 1996.

W. Creswell. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar, 2010.

Widmer,R.Jay: Collins, nerissa M;Collins, C.Scott:West, Cln P;Lerman,Lilach O;Lerman, Amir. ”Digital Health Interventions for the Prevention of Cardiovascular Disease:A Systematic Review and Meta Analysis", 2015.

Wing, Jeannette. “Computational Thinking Benefits Society,” 2014.




DOI: https://doi.org/10.38189/jtbh.v5i1.196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
JURNAL TEOLOGI BERITA HIDUP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.sttberitahidup.ac.id/index.php/jbh
E-mail: jurnalberitahidup@gmail.com

JURNAL TEOLOGI BERITA HIDUP telah terindeks pada situs:

           

 Association Membership:

   

Laman terkait

            

 

View Berita Hidup Stats