Pembinaan Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen Melalui Supervisi Klinis

Sanasintani Sanasintani

Abstract


There are several factors that encourage the development of clinical supervision for teachers. The factors are supervisors only conduct teacher evaluations, implementation is not centered on teacher needs, general and abstract teacher ability assessment tools, feedback provided in the form of directions, instructions, instructions and does not touch on the problems faced by teachers. Clinical supervision is a service and assistance to teachers with a personal human approach so that teachers can find themselves and be able to improve learning. The purpose of this research is to describe the professional coaching of Christian Education teachers through clinical supervision at Citra Bangsa Christian High School Kupang. The research method used is qualitative with descriptive. Data collection techniques through observation, interviews and documentation. Data analysis techniques through data reduction, data presentation and conclusion/verification. The results showed that the professional coaching of Christian Education teachers through clinical supervision at Citra Bangsa Christian High School Kupang is a supervisory activity carried out by supervisors, principals / deputy principals of curriculum by means of individual techniques, classroom observations, and private conversations with Christian Education teachers. This is done through the stages of planning, implementation, monitoring, and evaluation. Then, the obstacles faced in the professional coaching of Christian Education teachers through Clinical Supervision at Citra Bangsa Kupang Christian High School include: lack of clinical supervision time, teachers are less prepared and disturbed because they are not used to clinical supervision, assessment of Christian Education teachers only formatively, in the process of teaching and learning some teachers have not used media tools, and teachers are limited in the ability to develop social media.

Ada beberapa faktor yang mendorong dikembangkannya supervisi klinis bagi guru-guru. Faktor tersebut yaitu supervisor hanya melakukan evaluasi guru, pelaksanaan tidak berpusat pada kebutuhan guru, alat penilaian kemampuan guru umum dan abstrak, umpan balik yang diberikan berupa arahan, petunjuk, instruksi dan tidak menyentuh masalah yang dihadapi guru. Supervisi klinis merupakan layanan dan bantuan kepada guru dengan pendekatan manusiawi secara personal agar guru dapat menemukan dirinya sendiri dan mampu meningkatkan pembelajaran lebih baik. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan pembinaan profesional guru Pendidikan Agama Kristen melalui supervisi klinis di SMA Kristen Citra Bangsa Kupang. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan profesional guru Pendidikan Agama Kristen melalui supervisi klinis di SMA Kristen Citra Bangsa Kupang merupakan sebuah kegiatan pengawasan yang dilakukan oleh Pengawas, kepala sekolah/wakil kepala sekolah bidang Kurikulum dengan cara teknik perorangan, observasi kelas, dan percakapan pribadi terhadap guru Pendidikan Agama Kristen. Hal ini dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, monitoring, serta evaluasi. Kemudian, hambatan yang dihadapi dalam pembinaan profesional guru Pendidikan Agama Kristen melalui Supervisi Klinis di SMA Kristen Citra Bangsa Kupang antara lain: kurangnya waktu supervisi klinis, guru kurang siap dan terganggu karena belum terbiasa disupervisi klinis, penilaian guru Pendidikan Agama Kristen hanya secara formatif saja, dalam proses belajar mengajar sebagian guru belum memakai alat media, serta guru terbatas kemampuan dalam mengembangkan bahan ajar.


Keywords


Pembinaan; profesional; guru; Pendidikan Agama Kristen

References


Bafadal, Ibrahim. Supervisi Pengajaran: Teori Dan Aplikasinya Dalam Membina Professional Guru. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Jumarin, M. Analisis Pengubahan Tingkahlaku. Yogyakarta: FKIP IKIP PGRI Wates, 2011.

Masaong, Abdul Kadim. Supervisi Pembelajaran Dan Pengembangan Kapasitas Guru Memberdayakan Pengawas Sebagai Gurunya Guru. Bandung: AlFabeta, 2013.

Maunah, Biniti. Supervisi Pendidikan Teori Dan Praktek. Tulungagung: Teras, 2019.

Muslim, Sri Banun. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Mataram: Alfabeta, 2010.

Pidarta, Made. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

———. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Purwanto, M. Ngalim. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Sagala, Syaiful. Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2012.

Sahertian, A. Piet. Konsep Dasar Dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

Suryosubroto, B. Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.




DOI: https://doi.org/10.38189/jtbh.v5i1.223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
JURNAL TEOLOGI BERITA HIDUP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.sttberitahidup.ac.id/index.php/jbh
E-mail: jurnalberitahidup@gmail.com

JURNAL TEOLOGI BERITA HIDUP telah terindeks pada situs:

           

 Association Membership:

   

Laman terkait

            

 

View Berita Hidup Stats