Penerapan Prinsip Pemuridan Elia dalam Pendidikan Agama Kristen

Soeliasih Soeliasih

Abstract


Elijah was one of the prophets of the nation of Israel who experienced the terrible use of God. Through his ministry, the Israelites experienced a great revival. The success of Elijah's ministry did not reach himself, but he had duplicated it to his student named Elisha, even Elisha became a greater prophet than Elijah. The success of discipleship Elijah the prophet needs to be an example for God's servants today in carrying out Christian religious education. This study seeks to find the principles of discipleship Elijah the prophet to apply to discipleship in the present. As a result of this research, it was found several qualifications of religious educators in Elijah, including aspects of spirituality, mentality, personality, and managerial.

 

Abstrak: Elia adalah salah satu nabi bangsa Israel yang mengalami pemakaian Allah secara dahsyat. Melalui pelayanannya bangsa Israel mengalami kebangunan rohani yang besar. Keberhasilan pelayanan Elia tidak sampai pada dirinya sendiri, namun ia telah menduplikasikannya kepada muridnya yang bernama Elisa, bahkan Elisa menjadi nabi yang lebih hebat daripada Elia. Keberhasilan pemuridan nabi Elia perlu menjadi contoh bagi hamba-hamba Tuhan pada masa sekarang dalam menjalankan pendidikan agama Kristen. Penelitian ini berusaha menemukan prinsip-prinsip pemuridan nabi Elia untuk dapat diterapkan bagi pemuridan pada masa sekarang. Sebagai hasil dari penelitian ini ditemukan beberapa kualifikasi pendidik agama dalam diri Elia, meliputi aspek spiritualitas, mentalitas, personalitas, dan manajerial.

 

 


Keywords


Elijah the prophet; discipleship; Christian education; Elia; pemuridan; Pendidikan Agama Kristen

Full Text:

PDF

References


Budiyana, Hardi. Dasar-Dasar Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: Andi Offset, 2011.

Budiyana, Hardi. “Roh Kudus Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kristen Mewujudkan Pengajaran Kristen Yang Mengandung Nilai Kekal.” Jurnal Teologi Berita Hidup 1, no. 1 (2018).

Budiyana, Hardi. Sejarah Dan Filsafat Pendidikan Agama Kristen. Solo: STT Berita Hidup, 2011.

Nitisemito, Alex S. Manajemen Suatu Dasar Dan Pengantar. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1989.

Rahmawati, Ike Kustiya. Manajemen Konsep-Konsep Dasar Dan Pengantar Teori. UMM Press, 2003.

Sahartian, Santy. “Pemahaman Guru Pendidikan Agama Kristen Tentang II Timotius 3: 10 Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak Didik.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 2 (2018): 146–172.

Santo, Joseph Christ. “Konsep Menjadikan Murid Berdasarkan Matius 28:19-20.” Jurnal Teologi El-Shadday 3, no. 2 (2016): 7–33.

Santo, Joseph Christ. “Makna Ragi Dalam Ajaran Tuhan Yesus Tentang Kewaspadaan.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 1 (2018): 68–91.

Santo, Joseph Christ, dan Dapot Tua Simanjuntak. “Pengaruh Keteladanan Hidup Gembala Sidang Terhadap Pertumbuhan Gereja.” KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta 2, no. 1 (2019): 28–41.

Sukardi, Y M Imanuel. “Gereja Ekstra Biblikal Dan Tanggung Jawab Dalam Menyelesaikan Amanat Agung.” KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta 1, no. 2 (2019): 37–39. http://www.e-journal.stajember.ac.id/index.php/kharismata/article/view/22.

Sumiwi, Asih Rachmani Endang. “Pembaharuan Pikiran Pengikut Kristus Menurut Roma 12:2.” Jurnal Teologi Berita Hidup 1, no. 1 (2018).

Sumiwi, Asih Rachmani Endang. “Peran Roh Kudus Dalam Kehidupan Orang Percaya Masa Kini.” Jurnal Teologi El-Shadday 3, no. 1 (2016): 55–68.




DOI: https://doi.org/10.38189/jtbh.v2i1.23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

    

Statistik Pengunjung