Internalisasi Moderasi Beragama dalam Kurikulum Sekolah Tinggi Teologi di Indonesia

Rifky Serva Tuju, Babang Robandi, Donna Crosnoy Sinaga

Abstract


Keragaman Agama di bangsa Indonesia menjadi sebuah kekayaan yang unik dari bangsa ini. Indonesia yang majemuk suku, ras, dan agama, memerlukan sikap yang toleransi. Kemajemukan Agama yang beragam memiliki bahaya yang mengancam bagi bangsa ini. Sikap-sikap intoleran sering sekali terjadi. Agama menjadi bagian penting dan vital seiring dengan banyaknya masyarakat yang memiliki sikap fanatisme dengan agamanya yang mengakibatkan retaknya hubungan antar umat beragama di Indonesia. Pemerintah terus mencari solusi dalam menangani masalah-masalah intoleran yang terjadi di Indonesia. Itulah sebabnya moderasi beragama tepat jika diterapkan dalam kehidupan masyarakat yang multicultural ini. Di tahun 2021 melalui Kemendikbud Nadiem membuat Kurikulum Moderasi beragama demi menghapus intoleransi di sekolah.  Moderasi beragama merupakan sebuah solusi dalam menghadapi berbagai perbedaan yang berujung pada intoleransi beragama dan menghadapi banyaknya kelompok-kelompok ekstrem dan fundamental agama. Pemerintah menjadikan sekolah sebagai pusat pengajaran moderasi beragama.  Untuk itu dengan membentuk mahasiswa yang moderat terhadap agamanya pemerintah merasa perlu untuk memasukan kurikulum moderasi beragama  untuk memperkecil adanya orang-orang yang memiliki paham radikalisme terhadap pemeluk agama lain. Dengan memasukkan moderasi beragama di dalam kurikulum Sekolah Tinggi Teologi dapat menanamkan prinsip beragama yang moderat bagi para Mahasiswa. Sehingga dengan adanya kurikulum ini para dosen dapat membimbing mahasiswa agar memiliki karakter yang berkualitas, Sekolah TinggiTeologi menjadi toleran, sehingga menciptakan generasi muda yang menyadari bahwa kebersamaan adalah sumber kekuatan bangsa.


References


Adiprasetya, Joas, adalah profesor teologi di STFT Jakarta (jadiprasetya@gmail,com). Makalah ini disampaikan sebagai keynotespeech di dalam Seminar Nasional Agama, Teologi, dan Humaniora (Semnas Agatha 2022), yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Agama Kristen (STAK) Teruna Bhakti, Yogyakarta, pada tanggal 11 Januari 2022.

Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, Menakar Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi (Jakarta: Peneliti Badan Litbang dan Diklat, Kemenag RI, Rabu, 11 Desember 2019, diakses pada Selasa 18 Januari 2022, Menakar Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi (kemenag.go.id)

Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, Moderasi Beragama, Jakarta: Kementerian Agama RI, 2019

detiknews, "Nadiem Bikin Kurikulum Moderasi Beragama demi Hapus Intoleransi di Sekolah" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-5736393/nadiem-bikin-kurikulum-moderasi-beragama-demi-hapus-intoleransi-di-sekolah.

Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, https://osf.io, PDF.

Gunawan, Wibowo Thomas, Menjadi Guru Kreatif, Jawa Barat: Media Maxima, 2016

H. Dakir, Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum Jakarta: Rineka Cipta, 2004

Hanik Umi, “Pluralisme Agama di Indonesia”, Jurnal Tribakti, Vol. 25 No. 1, (Januari 2014), https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/154

Hasan, Hamid S. 2000. Multikulturalisme Untuk Penyempurnaan Kurikulum Nasional. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol.026,No. 6. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (kemdikbud.go.id)

Hefni, Wildani, “Moderasi Beragama dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri” (Jurnal Bimas Islam) Vol. 13 No. 1 (2020), Moderasi Beragama dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri | Jurnal Bimas Islam (kemenag.go.id)

Husnul Khotimah, “Internalisasi Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Pesantren” RABANI (Jurnal Pendidikan Agama Islam) Vol. 1 No. 1 (2020) http://ejourna l.iainmadura.ac.id/ index.php/rabbani/ article/view/3008

Johana S.Talupun, Yance Z. Rumahuru, “Pendidikan agama inklusif sebagai fondasi moderasi beragama:Strategi merawat keberagaman di Indonesia” (Kurios: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) Vol. 7, No. 2, (2021), Pendidikan agama inklusif sebagai fondasi moderasi beragama: Strategi merawat keberagaman di Indonesia | Rumahuru | KURIOS: (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) (sttpb.ac.id)

Julaeha Siti, “Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter” (Jurnal Penelitian Pendidikan Islam) Vol 7 No 2 (2019): 157-182, Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter | Jurnal Penelitian Pendidikan Islam (riset-iaid.net)

Kapraja Sangadji, PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PERGURUAN TINGGI (Sebuah Kajian Kurikulum), Jurnal Biosel (BiologyScienceandEducation) Vol 5, No 1 (2016): 38-45, PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PERGURUAN TINGGI (Sebuah Kajian Kurikulum) | Sangadji | Biosel: BiologyScienceandEducation (iainambon.ac.id)

Kementerian Agama Republik Indonesia, Menag Minta PTKIN Jadi Pusat Pengembangan Moderasi Beragama (Jakarta: Jumat, 17 Desember 2021 10:22 WIB, diakses pada hari selasa 18 Januari 2022, Menag Minta PTKIN Jadi Pusat Pengembangan Moderasi Beragama (kemenag.go.id)

Kementerian Agama RI, Moderasi beragama (Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019.

Khotimah, Husnul “Internalisasi Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Pesantren” RABANI (Jurnal Pendidikan Agama Islam) Vol. 1 No. 1 (2020) http://ejournal.iainmadura.ac.id/ index.php/ rabbani/article/view/3008

Muhammad Fathurrohman, Sulistyorini, Esensi Manajemen Pendidikan Islam Yogyakarta: Kalimedia., 2016

Mustafid, Hamdi Mohamad, “Evalusi Kurikulum Pendidikan” (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) Vol 4 No 1 (2020): 66-75, Evaluasi Kurikulum Pendidikan | Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (staida-krempyang.ac.id)

Ngainun Naim dan Achmad Sauqi, pendidikan multicultural konsep dan aplikasi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Pramadhana, Marsella, “Konsep Religius Sebagai Salah Satu Nilai Karakter”, http://Marchellapramadhana.blogspot.com.html-document, diakses 18 januari 2022

Rosyada, Dede, Paradigma Pendidikan Demokratis Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007

Rusaman, Manajemen Kurikulum (Jakarta: Rajawali Pers, 2009

Subandijah, Pengembangan dan Inovasi Kurikulum Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 1993.

Sugiana, Aset, Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum Di Indonesia, (EL-HIKMAH: JURNAL KAJIAN DAN PENELITIAN PENDIDIKAN ISLAM), Vol 12 No 1 (2018), 91-103, A Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum di Indonesia | eL-HIKMAH: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam (uinmataram.ac.id)

Sugiana, Aset, Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum Di Indonesia, (EL-HIKMAH: JURNAL KAJIAN DAN PENELITIAN PENDIDIKAN ISLAM), Vol 12 No 1 (2018), 91-103, A Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum di Indonesia | eL-HIKMAH: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam (uinmataram.ac.id)

Sukiman, Pengembangan. Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015

Sularso, Winiarti Elok Cicilia, Konflik Agama di Indonesia, 2019, Program Studi D-Iii Farmasi

Talba, Hilda, Curriculum Devlopment Theory and Practices. (Newyork: Harcour, Brace and World: 1962)

Tuju, Serva, dkk, “Hospitalitas Pendidikan Kristiani dalam Masyarakat Majemuk” (Jurnal Teologi Berita Hidup) Vol 3, No 2 (2021): 344-355, Hospitalitas Pendidikan Kristiani dalam Masyarakat Majemuk | Tuju | Jurnal Teologi Berita Hidup (sttberitahidup.ac.id)

Utoyo, Marsudi, “Perspektif Agama-Agama Di Indonesia Terhadap Pluralisme Agama”, Jurnal Masalah-masalah Hukum, Universitas Diponegoro Semarang, Vol 44, No 4 (2015), https://ejournal. undip.ac.id/index.php/ mmh/article/view/11464

Wiji, Hidayati, Syaefudin, Umi Muslimah, Manajemen Kurikulum dan Program Pendidikan (Yogyakarta: Semesta Aksara, 2021.




DOI: https://doi.org/10.38189/jtbh.v4i2.240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
JURNAL TEOLOGI BERITA HIDUP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.sttberitahidup.ac.id/index.php/jbh
E-mail: jurnalberitahidup@gmail.com

JURNAL TEOLOGI BERITA HIDUP telah terindeks pada situs:

           

 Association Membership:

   

Laman terkait

            

 

View Berita Hidup Stats