Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) terhadap Kedisiplinan Calon Imam
Abstract
The Seminary is a formation institution for priest candidates who will become reliable servants of the church. As priests, they will participate in the three duties of Christ (Tre munere Christi) namely being priests (sanctifying mankind), prophets (preaching the Word), and king/shepherd (leading the congregation). For this reason, life discipline is essential to develop four dimensions of maturity, namely personality, spirituality, intellect, and pastoral abilities. Discipline is closely related to the emotional maturity of each student. Therefore, this research aims to determine the effect of emotional intelligence on the discipline of prospective priests during their formation at the St. Mikhael Major Seminary in Kupang, East Nusa Tenggara. It applies statistical analysis techniques of Pearson Correlation Product Moment with two variables. The population amounted to 200 people with a sample of 30, which is 15% of the total. Data collection technique was in the form of a questionnaire distributed to the respondents. The data is then analyzed to describe the actual situation. Based on the results of data processing and analysis, there is a significant influence of emotional intelligence on the discipline of prospective priests at St. Michael Seminary, in a strong correlation level.
Seminari adalah lembaga pembinaan calon imam yang akan menjadi pelayan gereja yang handal. Sebagai imam, mereka akan berpartisipasi dalam tiga tugas Kristus (Tre munere Christi) yaitu menjadi imam (menguduskan umat manusia), nabi (memberitakan Sabda), dan raja/gembala (memimpin jemaat). Untuk itu, disiplin hidup sangat penting untuk mengembangkan empat dimensi kedewasaan, yaitu kepribadian, spiritualitas, intelek, dan kemampuan pastoral. Disiplin erat kaitannya dengan kematangan emosi setiap mahasiswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kedisiplinan mahasiswa calon imam selama pembinaan di Seminari Tinggi St. Mikhael Kupang, Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik Pearson Correlation Product Moment dengan dua variabel. Populasi berjumlah 200 orang dengan sampel sebanyak 30 orang yaitu 15% dari jumlah keseluruhan. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden. Data tersebut kemudian dianalisis untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, terdapat pengaruh yang signifikan dari kecerdasan emosional terhadap kedisiplinan calon imam di Seminari Tinggi St. Michael, pada tingkat korelasi yang kuat.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amri, Sofan. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2016.
Baskoro, Paulus Kunto. “Konsep Imam dan Jabatan Imam pada Masa Intertestamental”, Jurnal Teologi Berita Hidup 3, No 1 (2020): 81-95.
Budi, Hengki Irawan Setia. “Kajian Kecerdasan Emosional Terhadap Manajemen Konflik Tingkat Pimpinan Di GPT Baithani Denpasar,” Jurnal Jaffray 17, No. 2 (2019): 239-258.
Daud, Firdaus. “Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 19, No. 2 (2012): 243-255.
Goleman, Daniel. Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2000.
Handoko, T. Hani. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Liberty, 2008.
Hanifa, Yennisa. “Emotional Quotient dan Adversity Quotient dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja,” Jurnal Psikoborneo 5, No.1 (2017): 25-33.
Hartono, Devi. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kedisiplinan Siswa SMA YLPI Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau, 2018.
Hurlock, E.B. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Jakarta: Penerbit Erlangga, 1997.
Kansil, Yanto Kristoforus. “Martabat dan Tugas Imam menurut De Ordinatione Episcopi, Presbyterorum, et Diaconorum. Pontificale Romanum (1968).” Media, Jurnal Filsafat dan Teologi I, No. I (2020): 23-47.
Mafuzah, Mohamad dan Juraifa Jai. “Emotional Intelligence and Job Performance: A Study Among Malaysian Teachers” Procedia Economics and Finance 35 (2016): 674 – 682, 7th International Economics & Business Management Conference, 5th & 6th October 2015.
Mustari, Mohamad. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.
Noermijati, Sunaryo, dan Indah Kurnia Ratri. “The Influence of Emotional Intelligence on Employee Performance Mediated by Cooperative Conflict Management Style of Integrating and Compromising,” Journal of Applied Management (JAM) 17 No. 1 (2019): 37-47.
Pakpahan, Binsar Jonathan dan Gunawan Simatupang. “Analisis Konsep Teologis Jabatan Imam, Raja dan Nabi yang Dilekatkan Kepada Pendeta HKBP”, Voice Of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik dan Agama 5 No. 2 (2022): 43-59. Doi: 10.36972/jvow.v5i2.147.
Pranatawijaya, Viktor Handrianus et al. “Pengembangan Aplikasi Kuesioner Survey Berbasis Web Menggunakan Skala Likert dan Guttman”, Jurnal Sains dan Informatika 5, No. 2 (2019): 128-137.
Sabiq, Zamzami dan M. As’ad Djalali, “Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Prososial Santri Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Pamakasan,” Persona, Jurnal Psikologi Indonesia 1, No. 2 (2012): 53-65.
Setyawan, Andoko Ageng dan Dumora Simbolon, “Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Kansai Pekan Baru,” JPPM Vol. 11 No. 1 (2018): 11-18.
Shapiro, Lawrence E. Mengajarkan Emotional Intelligence, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2003.
Sinaga, Raidin. “Imamat dan Kenabian”, Logos, Jurnal Filsafat-Teologi 12, No. 1 (2015): 31-49.
Srivastava, Kalpana. “Emotional intelligence and organizational effectiveness” Ind Psichiatry Journal 22, No. 2 (2013): 97-99.
Taluke, Dryon, Ricky S. M Lakat & Amanda Sembel. “Analisis Referensi Masyarakat dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat,” Jurnal Spasial 6. No. 2 (2019): 531-540
Tarigan,Thomas Pandawa Efrata dan Elisabeth Sitepu, “Kecerdasan Emosional dalam Mengatasi Tekanan di Masa Akhir Studi”, Kharismata, Jurnal Teologi Pantekosta Vol. 3, No.1(2020): 25-35.
Umar, Husein. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.
Woenardi, Thinna Naftali, Yoyok & Yatim Riyanto. “Pengaruh Kecerdasan Emosi dan Rohani terhadap Prestasi Kerja Guru di Sekolah Kristen Kalam Kudus (SKKK) Bandung,” Geneva - Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 17, No.2 (2019): 89-98.
DOI: https://doi.org/10.38189/jtbh.v6i1.350
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL TEOLOGI BERITA HIDUP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.sttberitahidup.ac.id/index.php/jbh
E-mail: jurnalberitahidup@gmail.com
JURNAL TEOLOGI BERITA HIDUP telah terindeks pada situs:
Association Membership:
Laman terkait