Karya Keselamatan Dalam Kristus Berdasarkan Surat Kolose 1:14, 20, 22 Bagi Orang Percaya Masa Kini

Authors

  • Stepanus Stepanus Sekolah Tinggi Teologi Kalimantan
  • Suhadi Suhadi Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup

DOI:

https://doi.org/10.38189/jtbh.v6i2.427

Keywords:

Keselamatan, Kristus, Kolose 1, 14, 20, 22, orang percaya

Abstract

When God created Adam and Eve the first humans, they were created in God's image without any stain of sin in them. As time went on, the first human Adam and Eve finally fell into sin because of their own choice, they had violated God's command by eating the fruit of knowledge that was forbidden to eat so that humans became sinners. But because of God's great love for sinful mankind (John 3:16), God sent Jesus Christ to come into the world to save mankind from sin. By the saving work of Jesus Christ human sins are forgiven by God. Through this paper the author wants to describe by using qualitative methods with a literature study approach. So that it can be concluded that the work of Jesus Christ in the salvation of mankind, Christ redeems, reconciles and sanctifies humans from sin, so that believing humans are free from the penalty of eternal death. Implementation for believers of the work of salvation that is done by Jesus Christ, the believer perseveres in his faith in Jesus Christ and remains firm in the hope of receiving eternal life.

Pada waktu Allah menciptakan Adam dan Hawa manusia pertama, mereka diciptakan segambar dengan Allah tanpa ada noda dosa dalam diri mereka.  Seiring berjalannya waktu, Adam dan hawa manusia pertama itu akhirnya jatuh dalam dosa oleh karena pilihan mereka sendiri, mereka telah melanggar perintah Allah dengan memakan buah pengetahuan yang dilarang untuk dimakan sehingga manusia menjadi berdosa.  Tetapi oleh karena kasih Allah yang besar kepada manusia berdosa (Yoh. 3:16), sehingga Allah mengutus Yesus Kristus datang ke dalam dunia untuk menyelamatkan manusia dari dosa.  Oleh karya keselamatan Yesus Kristus  dosa manusia diampuni oleh Allah.   Melalui tulisan ini penulis ingin mendeskripsikan dengan menggunkan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa karya Yesus Kristus dalam keselamatan umat manusia, Kristus menebus, mendamaikan dan menguduskan manusia dari dosa, supaya manusia yang percaya terbebas dari hukuman kematian yang kekal.  Implementasi bagi orang percaya atas karya keselamatan yang dikerjakan oleh Yesus Kristus, orang percaya bertekun dalam imannya kepada Yesus Kristus dan tetap teguh dalam pengharapan akan menerima hidup yang kekal.

 

References

A, Buswell. Systematic Theology. Grand Rapid: Zondervan, 1962.

Baillie, D . M, Dkk. Ensiklopedi Alkitab Masa Kini 1 A - L. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1993.

Berkhof, Louis. Teologi Sistematika Vol. 4 : Doktrin Keselamatan. Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia, 1997.

Boice, James. Pola Hidup Kristen. Malang: Gandum Mas, 1990.

Bolkestein. Tafsiran Kolose. Jakarta, n.d.

Brill, Wesley J. Dasar Yang Teguh. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, n.d.

E.R, Harlow. Dapatkah Kita Mengenal Allah. Jakarta: Immanuel, n.d.

Elwell, A Walter. Evangelical Dictionary of Theology. Michigan: Baker Book House: Grand Rapids, 1984.

Guthrie, Donald. Donald Guthrie, “Kolose†Tafsiran Alkitab Masa Kini 3. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1981.

———. Tafsiran Alkitab Masa Kini 3 (Matius - Wahyu). Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 1982.

———. Teologi Perjanjian Baru 2. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1992.

Hadiwijono, Harun. Iman Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1988.

Hogue, B. C. Keselamatan Kebutuhan Yang Utama. Bandung: lembaga Literatur Baptis, 1992.

Leon, Xavier, and Dufour. Ensiklopedi Perjanjian Baru. Yogyakarta: Kanisius, 1990.

M, Barclay, and Newman Jr. Kamus Yunani - Indonesia. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1988.

Morris. The Gospel According to John “New International Commentary on the New Testament.†Grand Rapid: wm,B. Eerdmans Publishing co, 1977.

Morris, Leon. Teologi Perjanjian Baru. Malang: Gandum Mas, 1996.

Newman Jr, M Barclya. Kamus Yunani-Indonesia. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1988.

Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka, 1976.

Ryrie, Charles C. Teologi Dasar 1. Yogyakarta: Yayasan ANDI, 1992.

———. Teologi Dasar 2. Yogyakarta: Yayasan ANDI, 1991.

Selwyn, G. Edward. The First Epistle of St. Peter. London: Macmilan & co. Ltd, 1952.

Siamanjuntak, A. dll. Tafsiran Alkitab Masa Kini Vol. 3. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1981.

Sigar, Sutoyo L. Yesus Kristus Allah, Manusia Sejati. Surabaya: Pasti dan Yakin, 1983.

Simanjuntak. “Kolose†Tafsiran Alkitab Masa Kini. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1981.

Strong. Systematic Theology. Philadelphia: Judson, 1907.

Sujarweni, Wiratna V. METODOLOGI PENELITIAN. Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS, 2019.

Thiessen, C. Henry. Teologi Sistematika. Malang: Gandum Mas, 1992.

Tim, Penyusun. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PN. Balai Pustaka, 1995.

Walvoord, John F. Yesus Kristus Tuhan Kita. Surabaya: YAKIN, 1969.Bagian ini disusun secara otomatis menggunakan aplikasi Mendeley. Style “Bibliography†pada templat ini dapat dipilih untuk membentuk indentasi gantung.

Published

2024-04-25

How to Cite

Stepanus, S., & Suhadi, S. (2024). Karya Keselamatan Dalam Kristus Berdasarkan Surat Kolose 1:14, 20, 22 Bagi Orang Percaya Masa Kini. Jurnal Teologi Berita Hidup, 6(2), 563–579. https://doi.org/10.38189/jtbh.v6i2.427

Issue

Section

Articles