Strategi Pendidikan Kristen bagi Anak Berkebutuhan Khusus Slow Learner

Authors

  • Benaya Dwi Cahyono Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup
  • Hardi Budiyana Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup

DOI:

https://doi.org/10.38189/jtbh.v6i1.429

Keywords:

Strategi, Pendidikan Kristen, Slow learner

Abstract

Anak berkebutuhan khusus   adalah  individu  yang mempunyai   gangguan perkembangan dan kelainan yang dialami anak dan karakteristik yang berbeda dari individu lainnya. Sehingga dalam menangani Anak berkebutuhan khusus    tidak boleh disamakan dengan anak normal pada umumnya oleh karenanya dalam pembelajarannya harus dengan penanganan yang khusus dan terarah, hal ini bertujuan untuk tercapainya proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan Anak berkebutuhan khusus. Slow Learner sering digunakan untuk menyebut anak yang mempunyai kemampuan kognitif di bawah rata-rata atau lamban belajar. Anak slow learner memiliki prestasi belajar di bawah rata-rata dari anak normal pada umumnya. Oleh karenanya dalam pembelajaran harus dengan metode yang khusus dan mudah dipahami karena setiap strategi pembelajaran terhadap anak berkebutuhan khusus berbeda satu dengan yang lainnya. Dalam kajian ini adalah metode penelitian memakai metode deskriptif kualitatif. Kajian ini memperoleh data melalui studi pustaka, data empiris dan menelusuri karya ilmiah para peneliti sebelumnya yang telah dipublikasikan terkait tema kajian serta pengamatan dan wawancara di sekolah yang menangani anak slow leaner.

References

Abdurahman., Mulyono. Pendidikan Bagi Anak Dan Berkesulitan Dalam Belajar. Jakarta: Aneka Cipta, 2003.

Amanullah, Akhmad Syah Roni. “Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: Tuna Grahita, Down Syndrom Dan Autisme.†ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1, no. 1 (2022): 1–14.

Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.†REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 94–106.

Arifianto, Yonatan Alex, and Asih sumiwi Rachmani. “Peran Roh Kudus Dalam Menuntun Orang Percaya Kepada Seluruh Kebenaran Berdasarkan Yohanes 16 : 13.†Jurnal Diegesis 3, no. 1 (2020): 1–12.

Borah, Rashmi Rekha. “Slow Learners: Role of Teachers and Guardians in Honing Their Hidden Skills.†International Journal of Educational Planning & Administration 3, no. 2 (2013): 139–143.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012.

Hasibuan. Manajemen Dasar Pengertian Dan Masalah. Jakarta: Gunung Agung, 1995.

Hopkins, Bill. “The Child Who Is a Slow Learner. Teachers Resource Manual.†State University of New York, 2008.

Jerod, Kemp. Intructional Design: Plan for Unit and Curriculum. New Jersey: Sage Publication, 1977.

Lembaga Alkitab Indonesia. Alkitab Edisi Studi. Kedua. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2017.

Marheni, Ag Krisna Indah. “Art Therapy Bagi Anak Slow Learner.†Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia 1 (2017): 154–162.

Mega, Mega, and Yonatan Alex Arifianto. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Inklusi.†THEOLOGIA INSANI (Jurnal Theologia, Pendidikan, dan Misiologia Integratif) 1, no. 2 (2022): 163–180.

Melisa, Fenny. “Jumlah Anak Berkebutuhan Khusus Di Indonesia Tinggi.†Republika Online.

Mujiono. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti Mendikbud, 1994.

Mumpuniarti. “Pendekatan Pembelajaran Bagi Anak Hambatan Mental.†Yogyakarta: Kanwa Publisher (2007).

Ni’matuzahroh, Ni’matuzahroh, and Yuni Nurhamida. “Individu Berkebutuhan Khusus & Pendidikan Inklusif.†UMM Press, 2016.

Oci, Markus. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.†Sanctum Domine: Jurnal Teologi 2, no. 1 (2019): 143–160.

Republik Indonesia. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.†Pendidikan. Jakarta, 2020.

Rumini, Sri. “Pengetahuan Subnormalitas Mental.†Yogyakarta: IKIP Yogyakarta (1980).

Sadiman, Arief F., R. Raharjo, Anung Haryono, and Rahardjito. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Salim, Humairah Wahidah An-Nizzah Sunardi Abdul. “Mengenal Lebih Dekat Anak Berkebutuhan Khusus Dan Pendidikan Inklusi.†Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2018.

Santoso, Begot. “Biologi Pelajaran Biologi Untuk SMA Kelas XI.†Jakarta, Inter Plus (2007).

Siagian., Sondang P. Teori Motivasi Dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1995.

Siradji, Shahudi. Pengantar Bimbingan & Konseling. Surabaya: PT. Revka Petra Media, 2012.

Stevanus, Kalis, and Dwiati Yulianingsih. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Anak Usia Dini.†PEADA’ : Jurnal Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2021): 15–30.

Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: SINAR BARU GENSINDO, 2009.

Suparno. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Dirjen Dikti Mendikbud, 2008.

Suryo. Genetika Strata I. Ke 9. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2001.

Tansley, Albert Edward, and Ronald Gulliford. The Education of Slow Learning Children. Vol. 53. Routledge, 2018.

Umrati, and Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.

Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2006.

Yell, Mitchell L, James G Shriner, and Antonis Katsiyannis. “Individuals with Disabilities Education Improvement Act of 2004 and IDEA Regulations of 2006: Implications for Educators, Administrators, and Teacher Trainers.†Focus on exceptional children 39, no. 1 (2006): 1–24.

Yusuf, Munawir, and others. “Pendidikan Bagi Anak Dengan Problema Belajar.†Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri (2003).

Published

2023-10-26

How to Cite

Cahyono, B. D., & Budiyana, H. (2023). Strategi Pendidikan Kristen bagi Anak Berkebutuhan Khusus Slow Learner. Jurnal Teologi Berita Hidup, 6(1), 346–366. https://doi.org/10.38189/jtbh.v6i1.429