Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dosen Berbasis TPACK Terhadap Kinerja Dosen PAK
Abstract
Peran dosen sangat signifikan terhadap kualitas lulusan yang dihasilkan. Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan dunia pendidikan dibarengi dengan peningkatan kinerja dosen. Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui implementasi pengembangan perangkat pembelajaran dosen berbasis TPACK terhadap kinerja dosen Pendidikan Agama Kristen (PAK) di Institut Teknologi dan Bisnis Kristen (ITBK) Bukit Pengharapan Tawangmangu tahun akademik 2022/2023. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan studi kepustakaan. Hasilnya adalah (1) desain pembelajaran dosen kurang inovatif dan kreatif terhadap karakteristik mahasiswa di era digitalisasi teknologi yang ada, (2) ada kecenderungan dosen dalam penyusunan rancangan pembelajaran semester (RPS) sekadar sebagai persyaratan administratif belaka tanpa memerhatikan kondisi dan keadaan mahasiswa yang diajarnya. Selain itu, dosen menghadapi tantangan dalam mengadakan pendekatan perkuliahan terutama dalam menjelaskan materi kepada mahasiswa karena latar belakang mayoritas mahasiswa berasal dari 3T (terdepan, terluar, tertinggal) yaitu dari Kalimantan, Nusa Tenggara dan Papua.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Chuang, HH. “An Investigation of Early Childhood Teachers’ Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) in Taiwan.” Journal of Kirsehir Education Faculty (2011).
Çoban, Gül Ünal, Ercan Akpinar, Bahar Baran, Merve Kocagül Saǧlam, Erkan Özcan, and Yasemin Kahyaoǧlu. “The Evaluation of ‘Technological Pedagogical Content Knowledge Based Argumentation Practices’ Training for Science Teachers.” Egitim ve Bilim (2016).
Daryanto dan Dwicahyono, Aris. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogjakarta: Grava Media, 2014.
Hardika. Tranformasi Belajar Generasi Milenial. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang, 2018.
Hayani, Sari Nur, and Sutama Sutama. “Pengembangan Perangkat Dan Model Pembelajaran Berbasis TPACK Terhadap Kualitas Pembelajaran Daring.” Jurnal Basicedu 6, no. 2 (2022): 2871–2882.
Heriadon, Tuni, and Toyo Manurung. “Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Kelas XI IPA Berbasis KTSP Dan Korelasinya Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Parbuluan T.P 2014/2015.” Jurnal Pelita Pendidikan (2016).
Koehler, Matthew J., Punya Mishra, and William Cain. “What Is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)?” Journal of Education (2013).
Mairisiska, Titin, Sutrisno Sutrisno, and Asrial Asrial. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK Pada Materi Sifat Koligatif Larutan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.” Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 3, no. 1 (2014).
Nazarudin. Manajemen Pembelajaran. Yogjakarta: Teras, 2007.
Nofrion, Nofrion, Bayu Wijayanto, Ratna Wilis, and Rery Novio. “Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Guru Geografi Di Kabupaten Solok, Sumatera Barat.” JURNAL GEOGRAFI (2018).
Sagala, Syaiful. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2011. Sahin, Ismail. “Development of Survey of Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK).” Turkish Online Journal of Educational Technology (2011).
Sintawati, FR.R. Dewi Astika Indah, Hermanu Joebagio, and Leo Agung Sutimin. “Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Penilaian Kinerja Guru Terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru.” Teknodika (2018).
Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010. Sutarmanto, Sutarmanto. “Kompetensi Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 1, no. 1 (February 29, 2012): 16–31. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip/article/view/42.
Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana, 2009. Wahyudi, Wahyudi. “Kinerja Dosen: Kontribusinya Terhadap Akreditasi Perguruan Tinggi.” Scientific Journal Of Reflection : Economic, Accounting, Management and Business 3, no. 4 (October 1, 2020): 401–410.
Zahraini, Zahraini. “Kinerja Dosen Dalam Meningkatkan Kemampuan Akademik (Hard Skill) Dan Penguasaan Keterampilan (Soft Skill) Pada Mahasiswa Pkk Fkip Unsyiah.” Jurnal Ilmiah Didaktika 14, no. 2 (February 1, 2014).
DOI: https://doi.org/10.38189/jtbh.v6i1.523
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL TEOLOGI BERITA HIDUP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.sttberitahidup.ac.id/index.php/jbh
E-mail: jurnalberitahidup@gmail.com
JURNAL TEOLOGI BERITA HIDUP telah terindeks pada situs:
Association Membership:
Laman terkait