Peran Guru PAK dalam Mengembangkan Nilai Moral Kristiani SMP Deli Murni Delitua

Authors

DOI:

https://doi.org/10.38189/jtbh.v7i1.755

Keywords:

Nilai Moral, Perserta didik, Guru PAK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru PAK dalam mengembangkan nilai moral Kristiani di SMP Deli Murni Deli Tua. Nilai-nilai moral sangatlah perlu ditanamkan kepada Peserta Didik khususnya pada jaman era digital ini. Moral merupakan norma yang menjadi pegangan seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya. Nilai-nilai moral merupakan sistem aturan yang mengatur interaksi sosial dan hubungan sosial individu dalam masyarakat dan didasarkan pada konsep kesejahteraan, kepercayaan, keadilan dan hak. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Deli Murni Delitua, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Pendekatan penelitian yang dilakukan penelitian merupakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 12 orang antara lain: peserta didik 10 orang, Guru PAK 1 orang, dan Guru BK 1 orang. Hasil penelitian ini, guru PAK sudah mengembangkan nilai-nilai moral Kristiani dengan beberapa aspek yaitu: guru PAK sebagai teladan, guru PAK sebagai motivator, guru PAK sebagai fasilitator, guru PAK sebagai pengajar iman, guru PAK sebagai petugas pastoral.

Author Biography

Grenta Prima Purba, STP St. Bonaventura Keuskupan Agung medan, Indonesia

mahasiswa stp santo bonaventura KAM

References

Anam, H. N. K., N. S. Sopiah, dan L. Latifah. “Pengaruh Perhatian Orangtua Dan Pergaulan Bebas Terhadap Perkembangan Moral Anak Pada Siswa SMP.†Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia) 2, no. 5 (2019): 725–732.

Ansori, Yoyo Zakaria. “Menumbuhkan Karakter Hormat dan Tanggung Jawab Pada Siswa Di Sekolah Dasar.†Jurnal Educatio FKIP UNMA 7, no. 3 (3 Juli 2021): 599–605. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1120.

Bangun, Josapat. “Penerapan Nilai-Nilai Karakter Kristiani dalam Aktivitas Kepemimpinan Kristen.†HARVESTER: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen 7, no. 1 (24 Juni 2022): 15–31. https://doi.org/10.52104/harvester.v7i1.85.

Datus, K., dan O. R. Wilhelmus. “Peranan guru agama Katolik dalam meningkatkan mutu dan penghayatan iman siswa sekolah menengah tingkat atas kota Madiun melalui pengajaran agama Katolik.†Jurnal Pendidikan Agama Katolik 20, no. 2 (2018): 144–166.

Dole, Ferdinandus Etuasius. “Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar.†Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 6 (2021): 3675–88.

EVANGELII NUNTIANDI (MEWARTAKAN INJIL). Jakarta: Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI, 2019.

Haru, Emanuel. “Peran Guru Pendidikan Agama Katolik Sebagai Gembala.†Jurnal Alternatif Wacana Ilmiah Interkultural 10, no. 1 (13 April 2021): 43–62. https://doi.org/10.60130/ja.v10i1.42.

———. “Spiritualitas Diakonia Guru Pendidikan Agama Katolik (Sebuah Refleksi atas Panggilan Guru PAK di Tahun Diakonia).†Jurnal Alternatif Wacana Ilmiah Interkultural 9, no. 1 (10 Januari 2020): 55–74. https://doi.org/10.60130/ja.v9i1.10.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 6 ed. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2023. https://kbbi.kemdikbud.go.id/.

Martinus, Martinus, dan Amadi Amadi. “Dampak Pendidikan Agama Katolik Terhadap Perilaku Siswa di Sekolah Negeri di Kota Pontianak.†VOCAT: JURNAL PENDIDIKAN KATOLIK 1, no. 1 (29 Januari 2021): 37–43. https://doi.org/10.52075/vctjpk.v1i1.15.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. Ke-36. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Munif, Muhammad, Fathor Rozi, dan Siti Yusrohlana. “Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa melalui Nilai-nilai Kejujuran.†FONDATIA 5, no. 2 (30 September 2021): 163–79. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1409.

Rahmawati, Rahmawati. “Upaya yang Dilakukan Guru dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Siswa di SD Negeri 36 Banda Aceh.†AL-QIRAAH 14, no. 2 (2020): 145–56.

Rochmah, Elfi Yuliani. “MENGEMBANGKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PEMBELAJAR (Perspektif Psikologi Barat Dan Psikologi Islam).†Al-Murabbi 3, no. 1 (2016): 36–54.

Simamora, May Rauli, dan Johanes Waldes Hasugian. “Penanaman Nilai-nilai Kristiani bagi Ketahanan Keluarga di Era Disrupsi.†Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2020): 13–24. https://doi.org/doi.org/10.33541/rfidei.v5i1.44.

Stevenson, N. Young Person’s Character Education Handbook. United State of America. United States of America: JIST Publishing Inc., 2006.

Syaparuddin, Syaparuddin, dan Elihami Elihami. “Peranan Pendidikan Nonformal dan Sarana Pendidikan Moral.†Jurnal Edukasi Nonformal 1, no. 1 (2020): 173–86.

Triana, Neni. “Pendidikan Karakter.†Mau’izhah 11, no. 1 (10 Februari 2022): 3–21. https://doi.org/10.55936/mauizhah.v11i1.58.

Triposa, Reni, Yonatan Alex Arifianto, dan Yudi Hendrilia. “Peran Guru PAK sebagai Teladan dalam Meningkatkan Kerohanian dan Karakter Peserta Didik.†Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 2, no. 1 (16 Juni 2021): 109–26. https://doi.org/10.52489/jupak.v2i1.24.

Widharsana, Petrus Danan, dan R.D. Victorius Rudy Hartono. Pengajaran Iman Katolik. Diedit oleh Widiantoro. Yogyakarta: Penerbit PT Kanisius, 2017.

Published

2024-10-21

How to Cite

Purba, G. P., & Ginting, P. (2024). Peran Guru PAK dalam Mengembangkan Nilai Moral Kristiani SMP Deli Murni Delitua. Jurnal Teologi Berita Hidup, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.38189/jtbh.v7i1.755