Peranan Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga guna Membendung Degradasi Moral Remaja Generasi Z di Era Disrupsi Teknologi

Penulis

  • Elisabet Vritze Sitanggang Sekolah Tinggi Teologi Galilea Indonesia Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.38189/jtk.v4i2.883

Kata Kunci:

Era Disrupsi, Pendidikan Agama Kristen, Keluarga, Degradasi Moral, generasi Z

Abstrak

The era of technological disruption has had a significant impact on the lives of teenagers, especially those belonging to generation Z. This research aims to explain the importance of the role of Christian religious education in the family in order to stem the occurrence of moral degradation among generation Z teenagers. The era of technological disruption has resulted in generation Z teenagers , experienced various problems of moral decline. Without realizing it, generation Z teenagers who basically master technology, on the other hand, are also affected by the negative things it causes. Some teenagers bully via social media because information is easily spread without a clear filter as to whether the information is true or false. Other teenagers commit impolite and indecent actions, after watching meaningless content such as pranks and pornographic content on YouTube. This research uses a qualitative descriptive method, namely by collecting data related to titles through reference books and journals. Then describe it to find important points that result in moral degradation. The results of the analysis of the role of Christian Religious Education are formulated into concepts and explained. The results of the research show that Christian religious education in the family by teaching moral values based on the Bible, is able to stem the moral degradation of generation Z teenagers due to technological disruption.

Era disrupsi teknologi memberi dampak yang signifikan kepada kehidupan para remaja khususnya mereka yang termasuk generasi Z. Penulisan ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya peranan Pendidikan Agama Kristen dalam keluarga guna membendung terjadinya degradasi moral diantara remaja generasi Z. Era disrupsi teknologi telah mengakibatkan kelompok remaja generasi Z, mengalami berbagai masalah penurunan moral. Tanpa disadari, remaja generasi Z yang pada dasarnya menguasai teknologi, disisi lain ikut terpengaruh dengan hal-hal negatif yang diakibatkannya. Beberapa remaja membullying melalui media sosial sehingga informasi yang belum jelas kebenarannya menjadi tersebar. Remaja lainnya melakukan aksi yang tidak sopan dan tidak senonoh, setelah menonton sebuah konten yang tidak berbobot seperti konten berbau asusila di Youtube. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni dengan mengumpulkan data-data sehubungan dengan judul melalui buku-buku referensi, dan jurnal. Kemudian mendeskripsikannya untuk menemukan pokok penting yang mengakibatkan degradasi moral. Hasil analisis terhadap peran Pendidikan Agama Kristen dirumuskan menjadi konsep dan memaparkannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa

Referensi

Agatha, Bulanda, Yonathan Alex, Arifianto dan Yahya “Peran Pendidikan Agama Kristen

Dalam Keluarga Sebagai Upaya Mereduksi Perilaku Kekerasan Terhadap Anak.â€

Manthano: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2022): 134.

Assa, Brian Riva, and Yonathan Alex Arifianto, “Peran Pendidikan Agama Kristen

Terhadap Prinsip Memelihara Kesucian Dalam 1 Petrus 1:16 Di Era Disrupsi.â€

Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 3, no. 1 (2022): 73.

https://ejurnal.sttkadesiyogyakarta.ac.id/index.php/jupak.

Gaol L., Yulianingsih D. “Keterampilan Guru PAK Untuk Meningkatkan Minat Belajar

Murid Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas.†FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika

dan Praktika 2, no. 1 (2019): 113.

Hanifah, Sabila Dina. “Seksualitas Dan Seks Bebas Remaja.†Jurnal Penelitian dan

Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) Universitas Padjajaran 3, no. 1 (2022):

Hayumuti. “Kendala Implementasi Etika Moral Dan Akhlak.†Murabby: Jurnal

Pendidikan Islam 2 No. 2 (2019): 167.

Hurlock, Elizabeth B. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang

Kehidupan. Jakarta: Erlangga, 2006.

Ikhsan. “Apa Itu Era Disrupsi Digital Dan Teknologi?†Last modified 2023.

https://sasanadigital.com/2023/08/10.

Immanuel C., Sophian. “Teknologi Informasi Dan Degradasi Moral.†Illuminare: Jurnal

Teologi dan Pendidikan Agama Kristen Vol. 2 No. (2018): 239.

Kristianto, Paulus Lilik. Prinsip Dan Praktik Pendidikan Agama Kristen. 3rd ed.

Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2020.

Mashlihuddin, Yoni. “Degradasi Moral Remaja Indonesia.†P2KK Universitas

Muhammadiyah Malang. Last modified 2022. Accessed November 2, 2023.

https://p2kk.umm.ac.id/id/pages/detail/artikel/degradasi-moral-remaja-

indonesia.html.

Muhtar. “Mengenal 6 Macam Generasi Di Indonesia Sesuai Tahun Lahir, Kamu Termasuk

Yang Mana?†Universitas Insan Cita Indonesia (UICI). Last modified 2023.

uici.ac.id.

Mukhlis, Herry. “Pahami Remaja Generasi-Z.†AF Magazine. Tangerang, November 2015.

Mutmainah, Anissa. “Menerapkan Sikap Disiplin Pada Anak Remaja.†Klik Psikolog.

Depok, Jakarta, 2023.

Ningrum, Diah. “Kemerosotan Moral Di Kalangan Remaja: Sebuah Penelitian Mengenai

Parenting Styles Dan Pengajaran Adab.†Unisia: Journal of Social Sciences And

Humanities 37 (2018): 21.

Nuhamara, Daniel. Pembimbing PAK. Ketiga. Bandung: Jurnal Info Media, 2013.

Rochman, Inayah Afidatul. “Hubungan Moral Remaja Terhadap Perilaku Bullying Siswa

Di SMP Negeri 1 Depok.†E-Civics: Jurnal Kajian Mahasiswa PPKn 11, no. 01

(2022): 2.

Ronda, Daniel. “Kepemimpinan Kristen Di Era Disrupsi Teknologi.†Evangelikal: Jurnal

Teologi Injili dan Pembinaan Warga Gereja 3, no. 1 (2019): 3.

Sihombing, Riana Udurman. “Peranan Orang Tua Dalam Mendewasakan Iman Keluarga

Kristen.†Jurnal Teologi dan Pelayanan Kerruso 4, no. 1 (2019): 37.

https://jurnal.sttii-surabaya.ac.id/index.php/Kerusso/article.

Sutaryono, Paul. “Tantangan Disrupsi Teknologi.†Kompas.Id. Jakarta, 2017.

https://kompas.id/baca/opini/2017/10/09.

Suyanto, Slamet. Hasil Kajian Neuroscience Dan Implikasinya Dalam Pendidikan.

Yogyakarta, 2023.

Umrati dan Hengky Wijaya. Analisis Data Kualitatif: Teori Konsep Dalam Penelitian

Pendikan. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.

Veronica, Diana Putri. “Cara Menerapkan Kedisiplinan Pada Anak Remaja.†Alo Docter

Online. Last modified 2022. https://www.alodokter.com/seperti-ini-cara-

menerapkan-kedisiplinan-pada-anak-remaja#.

Wright, H. Norman. Menjadi Orangtua Yang Bijaksana. Ke-2. Yogyakarta: ANDI Offset,

Zega, Yunardi Kristian. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga: Upaya Membangun

Spiritualitas Remaja Generasi Z.†Luxnos: Jurnal Sekolah Tinggi Teologi Pelita

Bangsa 7, no. 1 (2021): 110.

Diterbitkan

2024-11-25

Cara Mengutip

Sitanggang, E. V. (2024). Peranan Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga guna Membendung Degradasi Moral Remaja Generasi Z di Era Disrupsi Teknologi. Teokristi: Jurnal Teologi Kontekstual Dan Pelayanan Kristiani, 4(2), 161–175. https://doi.org/10.38189/jtk.v4i2.883

Terbitan

Bagian

Articles